Kecamatan Lueng Bata Melakukan Verifikasi DTKS

Lueng Bata – Camat Lueng Bata “Mustafa, S.Sos” dan Tim Pemerintah Kota Banda Aceh hadir dalam pertemuan verifikasi dan validasi DTKS di Kantor Keuchik Lueng Bata Gampong Lueng Bata dalam rangka mendorong pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pada pertemuan tersebut turut hadir Sekcam Lueng Bata, Kasi Kesos Lueng Bata,Wakapolsek Kecamatan Lueng Bata, Dinas sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, dan Inspektorat, Keuchik, Tuha Peut Gampong (TPG), Ulee Jurong serta perangkat gampong, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Koordinator PKH, Kasi Kesejahteraan Rakyat Gampong dan petugas Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT)

( “Tim fasilitator verifikasi dan validasi data DTKS (pendataan DTKS) SLRT Kecamatan Lueng Bata” )

Verifikasi dan validasi DTKS dilakukan untuk menindaklanjuti program dari Kementerian Sosial (Kemensos) tahun 2020, yaitu meminta pemerintah daerah melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan sosial Presiden RI (Banpres) bagi warga terdampak sosial ekonomi akibat Covid-19.Hal itu dianggap perlu dilakukan karena DTKS merupakan acuan data penerima bantuan sosial (bansos).

Langkah Verifikasi yang harus dilakukan untuk DTKS adalah Para Keuchik melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) bersama TPG, Kepala Dusun (Kadus), Perangkat Gampong dan Petugas Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) terkait jumlah kematian, jumlah pindah/masuk, serta jumlah masyarakat yang sudah mampu. Hasil dari musdes datanya dikirim ke Dinas Sosial, di Dinas Sosial nantinya di verifikasi lagi oleh petugas SLRT dan hasil verifikasinya akan dituangkan dalam berita acara dan disampaikan kepada Pemko.

Dengan verifikasi dan validasi ini juga ikut mengevaluasi pembagian bansos sebelumnya. “Ini sebagai evaluasi pembagian sebelumnya yang kemungkinan masih banyak ditemukan penerima bantuan yang tidak sesuai kriteria, sehingga kedepannya bantuan sosial dapat diterima oleh masyarakat yang benar-benar berhak dan layak memperoleh bantuan tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*