Pemko Berikan Bantuan Sarana dan Prasarana untuk Masjid dan Meunasah

Banda Aceh – Sejumlah Masjid dan Meunasah di Banda Aceh mendapatkan bantuan sarana dan prasarana dari Pemerintah Kota (Pemko) Banda Aceh.

Bantuan diberikan dalam bentuk barang seperti Ambal/permadani, kipas angin gantung remote control, teratak, kursi, baju seragam BKM hingga tong sampah. Bantuan tersebut diserahkan Wakil Wali Kota Banda Aceh, Zainal Arifin bersama Plt Sekda Muzakkir Tulot, Plt Kepala DSI Ridwan dan anggota DPRK Banda Aceh Royes Ruslan, Rabu (9/12) malam di Masjid Jamik Lueng Bata.

Bantuan di berikan untuk 36 masjid dan meunasah dalam wilayah ‘Kota Gemilang’. Bantuan tersebut diserahkan Wakil Wali Kota secara simbolis kepada beberapa BKM yang hadir ke Masjid Jamik Lueng Bata.

Selain bantuan sarana dan prasarana, diberikan juga bantuan berupa pengecatan untuk Masjid Al-Jihad.

Dalam sambutannya, Wakil Wali Kota yang akrab disapa Chek Zainal ini mengatakan bantuan tersebut merupakan hasil kolaborasi program eksekutif dengan legislatif.

“Ini bermula dari ide anggota dewan. Saat reses mereka menjemput aspirasi warga yang mungkin belum tertampung di Musrenbang. Inilah hasilnya, malam ini bisa kita serahkan bantuan ini dari aspirasi dewan,” ujar Chek Zainal.

Katanya, rumah ibadah seperti Masjid dan Meunasah berada di garda depan dalam menyukseskan tugas-tugas dakwah, karena Masjid bukan hanya sekedar tempat menunaikan shalat lima waktu, namun juga menjadi tempat melaksanakan kegiatan-kegiatan keislaman dan bahkan juga kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.

“Karenanya bantuan yang diberikan malam ini sangat penting untuk menunjang kegiatan-kegiatan tersebut,” ujar Chek Zainal.

Terkait tugas dakwah, dalam kesempatan ini Wakil Wali Kota mengajak seluruh elemen masyarakat kota ikut berpartisipasi, karena sesungguhnya tugas dakwah bukan hanya tugas pemerintah saja.
“Tugas dakwah merupakan kewajiban kita semua, bukan hanya tugas pemerintah saja. Seperti di gampong (desa), ada pageu gampong yang punya peran dalam penegakan syariat. Ini harus kita tingkatkan,” ajak Chek Zainal.

Sementara itu, Imum Mukim Lueng Bata Bachtiar Nitura menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Pemko Banda Aceh atas bantuan tersebut.

Katanya, dengan bantuan tersebut akan menambah semangat para pengurus rumah ibadah untuk terus merancang program dan kegiatan dalam rangka memakmurkan masjid.

“Alhamdulillah, kita sangat mengapresiasi. Bantuan ini akan menambah motivasi kami melaksanakan berbagai kegiatan agar masjid ini semakin makmur. Jamaah semakin ramai dan nyaman melaksanakan ibadah,” ujarnya.

Informasi dari Plt Kadis Syariat Islam, Ustad Ridwan bantuan yang diberikan seluruhnya berupa 65 lembar ambal/permadani, 40 unit kipas angin gantung remote control, 12 stel baju seragam BKM, 2 unit teratak 3×6 meter, 35 unit kursi dan dan 31 unit tong sampah. Sementara untuk Masjid Al-Jihad diberikan bantuan pengecatan.

Sumber Link : https://www.newsbandaaceh.com/2020/12/pemko-berikan-bantuan-sarana-dan-prasarana-untuk-masjid-dan-meunasah/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*