Bangkitkan Ekonomi Masyarakat Dengan Budidaya Ikan Tawar

Banda Aceh – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman terus mewujudkan komitmennya dalam membangkitkan perekonomian masyarakat. Berbagai inovasi dan program dikembangkan di segala bidang, salah satunya pembudidayaan ikan air tawar.

Rabu (07/01/2020) bertempat di kawasan Jalan AMD Lorong Umong Muslimin, Gampong Lamdom Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh, Wali Kota Banda Aceh H. Aminullah Usman, SE Ak. MM menyerahkan ribuan benih ikan air tawar kepada kelompok usaha warga sekaligus penebaran secara simbolis benih ikan.

Wali Kota Aminullah dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa budidaya ikan tawar dapat membangkitkan ekonomi masyarakat guna mengembangkan kesempatan kerja untuk membuka lapangan kerja  dan mendapatkan pendapatan bagi matan Swarga serta kelompok kerja dari tambak ikan air tawar tersebut.

“Program ini sangat mendukung program ketahanan pangan yang diprogramkan oleh pemerintah baik tingkat provinsi atau kota tersendiri dengan memanfaatkan lahan kosong yang dijadikan produktif sehingga menjadi penghasilan bagi masyarakat,” kata Aminullah.

Di lokasi Gampong Lamdom, wali kota yang didampingi Kadis Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan Zulkifli Syahbuddin, Camat Lueng Bata Mustafa, Kabag Humas Pemko Said Fauzan, Keuchik Gampong Lamdom Sulaiman melakukan penebaran benih ikan di 6 kolam air tawar.

Sebanyak 16.000 ekor benih ikan yang merupakan jenis ikan lokal yang biasa hidup di air tawar terdiri dari 10.000 ekor benih ikan gabus, 3.000 lele dan 3.000 benih ikan nila ini dikelola oleh kelompok ternak ikan Na Usaha di Gampong Lamdom.

Dalam kesempatan tersebut wali kota mengatakan dengan telah diberikan benih ikan tersebut akan membangkitkan ekonomi kerakyatan dan mengembangkan lapangan kerja.

“Program ini kita harapkan bisa meningkatkan ekonomi dan juga penghasilan bagi warga, memberikan kesempatan lapangan kerja bagi masyarakat dan hasilnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk produk-produk UMKM,” katanya.

Kata wali kota kegiatan penebaran benih ikan lokal ini juga bertujuan sebagai pemenuhan ketahanan pangan dalam rangka penanggulangan dampak Covid-19 sesuai dengan program Pemerintah Aceh.

“Langkah ini selain mendongkrak produktivitas budidaya perikanan juga bentuk upaya Pemerintah Kota untuk mengantisipasi dampak covid-19 dan ancaman krisis pangan,” jelasnya.

Camat Lueng Bata Mustafa, S.Sos mengatakan budidaya ikan air tawar yang dikembangkan oleh warga Gampong Lamdom ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi warga tersebut.

“Budidaya ikan air tawar mudah-mudahan  menjadi program yang dapat meningkatkan ekonomi warga terkhusus warga Lamdom,” kata Mustafa.

Ketua kelompok ikan air tawar Na Usaha, Fauzan menyampaikan terima kasih atas bantuan benih ikan tersebut dan mengapresiasi program wali kota dalam meningkatkan ekonomi warga.”Semoga terobosan wali kota ini akan meningkatkan pendapatan warga,” harapnya

Fauzan mengatakan kolam yang berukuran dengan luas 2200 meter tersebut menampung tiga jenis ikan.

“Tadi sudah kita tabur bibit ikan gabus  sebanyak 10000, 2500 bibit ikan nila, dan 2500 ikan lele,” kata Fauzan.

Kata Fauzan budidaya ikan tawar tersebut dapat menjadi terobosan untuk mewujudkan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Alhamdulillah kami ucapan untuk  kelompok Na Usaha, kami sangat senang atas bantuan ini semoga dapat  menghasilkan yang baik dan mudah-mudahan menjadi pendapatan ekonomi bagi kami,” kata Fauzan. (MA)

Sumber : http://diskominfo.bandaacehkota.go.id/2021/01/06/bangkitkan-ekonomi-masyarakat-dengan-budidaya-ikan-tawar/

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*